Kamis, 18 April 2013

floppy disk dan hard disk

4. Disk drive/Floppy disk

Disk drive disebut juga sebagai magnetic disk unit (satuan cakram magnetik) sebagai penggerak media yang mempunyai beberapa macam ukuran, yang berkembang sekarang ukurannya 3,5 inchi. Umumnya floppy disk ini sebagai alat komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya, dimana dengan cepat kita mendapatkan dokumen dari satu komputer ke komputer lain, dengan cara menduplikasikan data tersebut ke dalam floppy disk dari komputer A, lalu kita bawa ke komputer B, untuk diduplikasikan ke dalam komputer tersebut. disk drive ini juga, sering menjadi media penularan virus komputer.

5. Hard disk

Hard disk adalah media utama untuk menyimpan data dan sebagai tempat menyimpan sistem yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan semua program yang ada. Hard disk memiliki keterbatasan waktu pakai, tetapi lamanya tergantung dari frekuensi pemakaian dalam komputer tersebut. Jika dinyalakan tanpa henti selama 24 jam, maka usia hard disk tersebut tidak lebih dari 2 tahun atau ekuivalen dengan 6000-7000 jam saja.
Pada hard disk yang berkecepatan rendah (5400 read per minutes) biasanya harganya lebih murah dibanding dengan yang berkecepatan tinggi yaitu 7200 rpm, meski dengan jumlah kapasitas yang sama. Ini dikarenakan perbedaan kecepatan baca dari hard disk tersebut. Untuk hard disk yang berkecepatan tinggi lebih sering dijumpai pada pengguna server untuk jaringan (Network). Sedang untuk yang berkecepatan rendah biasanya digunakan pada komputer pribadi di rumah-rumah atau di kantor yang tidak menggunakan jaringan.
Keuntungan menggunakan yang berkecepatan tinggi adalah untuk akses program maupun menyimpan data lebih cepat, tetapi dalam tanda kutip bahwa beda antara keduanya tidak terlalu mencolok, sehingga tidak dapat dilihat dengan jelas bedanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar